Sunday 28 June 2020

Alternatif Usaha Jasa Setelah Pandemi

Setelah masa pandemik berakhir, usaha apa yang kira – kira bisa kita lakukan ya?. Disini akan kita bahas alternatif  usaha yang dapat kita lakukan di rumah  dengan minim modal. Mengapa saya katakan minim modal? karena yang kita lakukan adalah usaha bidang jasa. Konsep jasa yang saya tawarkan sangat menarik dan mudah di ikuti. Semoga menjadi inspirasi membuka usaha baru.

Usaha jasa yang saya maksud adalah membuka kursus singkat di berbagai bidang. Contohnya bila ingin masuk bidang kuliner, maka konsep koki cilik sangat mudah ditawarkan bagi pengisi liburan anak – anak. Kursus singkat koki cilik berdurasi dua jam dengan berbagai resep menarik dapat menjadikan alternatif pengisi liburan yang menyenangkan. Mereka diajari membuat resep kue atau masakan yang hasilnya dapat di bawa pulang.  Setiap peserta diberikan sertifikat sebagai bukti kursus menjadikan nilai tambah bagi peserta.  Hal ini berlaku untuk program orang dewasa yang ingin belajar membuat suatu masakan. Diharapkan peserta kursus dapat membuka lapangan pekerjaan sendiri setelah belajar suatu resep masakan. Biasanya kursus diadakan bila anggota berjumlah minimal 5 orang dengan tarif terjangkau.


Selain bidang kuliner, bidang kerajinan dapat juga kita jadikan lahan usaha. Misalkan pembuatan kerajinan tas, boneka atau hiasan lain. Peserta kursus membayar tarif untuk membeli bahan dengan hasil di bawa pulang. Sangat memungkinkan bila kita sendiri yang mengajar kursus, maka kita tidak perlu mengeluarkan biaya menyewa guru lain. Sehingga kita dapat meminimalkan pengeluaran anggaran.

Usaha bidang jasa lain yang dapat kita kembangkan adalah mengajar les di rumah. Usaha ini relatif cukup menjanjikan karena minim modal. Hanya konsep pengajaran harus relevan dengan materi yang diajarkan. Konsep berkualitas dan harga terjangkau menjadikan lahan ini akan semakin berkembang.

Masih banyak bidang usaha jasa lain yang cukup menjanjikan. Tinggal bagaimana kita menatanya. Gali terus potensi diri kita sehingga menjadi pribadi unggul dengan harapan membuka lapangan pekerjaan orang banyak. Apalagi di situasi saat ini, PHK banyak dilakukan perusahaan. Sehingga pengangguran banyak terjadi. Semoga kita semua menjadi pribadi yang tangguh untuk bertahan hidup!

No comments:

Post a Comment

Astishop1481@gmail.com

Postingan Unggulan

Review 6 Drama Korea Terbaru tahun 2020

Annyeonghaseo... drakor mania . Penulis sudah lama ya tidak me review drama korea yang lagi hits. Nah, semoga ulasan penulis kali ini m...

Postingan populer