Sunday 28 June 2020

Ajari Anak Membaca yuk!

Tahun ajaran baru untuk anak masuk sekolah sudah tiba nih. Yuk kita persiapkan anak kita dengan belajar membaca di rumah. Konsep yang penulis hadirkan cukup mudah diikuti. Saya akan kasih tips cara membaca efektif. Usia anak yang tepat untuk belajar biasanya dimulai umur 5 atau 6 tahun. Tergantung ketertarikan anak. Tetapi jangan sampai ada paksaan dari orangtua agar anak dapat menyerap pelajaran dengan baik.

Berikut tahapannya :

  • Kenali anak dengan huruf besar dan kecil. Bisa melalui media papan tulis, alat perangkat mainan kayu, flash card, lagu atau video. Cara mengenalkan huruf cenderung beragam karena ketertarikan anak berbeda. Kuasai huruf besar dan kecil sampai anak benar – benar hapal.
  • Setelah mereka menguasai huruf, maka ajarkan anak dua suku kata terlebih dahulu. Misalkan BO- LA, SA-PU dan sebagainya.
  • Kenalkan tiga suku kata. misal SU-PIR, MO-BIL.
  • Langkah selanjutnya mengenalkan suku kata NG, NGA, NGI, NGU, NGE, NGO misal kata ‘yang’, ‘bunga’.
  • Pelajari suku kata NYA, NYI, NYU, NYE, NYO misal kata ‘nyamuk’, ‘monyet’.
  • Berlatih terus dengan sering membaca buku cerita bergambar agar anak tertarik dengan mengikuti  panduan diatas.

Saat ini, banyak orangtua yang memberikan les tambahan bagi anak – anaknya agar belajar membaca di  luar rumah. Hal tersebut tidak masalah selama konsepnya tidak membebani anak. Karena sebenarnya, kemampuan membaca anak tidak bisa dipaksakan. Permasalahan bertambah dengan masa pandemik di negara Indonesia yang belum kunjung berakhir. Hal ini memberikan dampak bagi kegiatan anak diluar rumah dan sekolah. Oleh karena itu, konsep belajar membaca di rumah semoga dapat menjadikan alternatif belajar bersama orangtua.  Selamat mencoba…….

No comments:

Post a Comment

Astishop1481@gmail.com

Postingan Unggulan

Review 6 Drama Korea Terbaru tahun 2020

Annyeonghaseo... drakor mania . Penulis sudah lama ya tidak me review drama korea yang lagi hits. Nah, semoga ulasan penulis kali ini m...

Postingan populer