Sunday 28 June 2020

Tips Mengatasi Anak Aktif


Halo ibu - ibu hebat. Saat ini, penulis akan mencoba berbagi tips mengatasi anak yang aktif. Sebelumnya, kita akan mengetahui apa ciri - ciri anak aktif ya. Disekitar kita  banyak anak yang sedari kecil diberikan kelebihan energi. Terutama anak laki - laki. Mereka cenderung tidak bisa diam di satu tempat, melawan, memberontak, tidak bisa diatur dan cenderung mengikuti apa yang mereka tonton dan lihat. Nah, kita belajar bersama - sama yuk. Silahkan share artikel ini bila bermanfaat. Berikut tips mengatasi anak aktif :

  1. Jangan pernah memarahinya. Anak yang aktif cenderung membuat kita kesal dengan perbuatannya. Tetapi jangan sekali - kali memarahinya, apalagi memukulnya. Ingatan anak sangat kuat sekali. Jadilah orangtua yang disegani. Bukan di takuti. Karena ketika takut, mereka cenderung menurut hanya karena kita ada. Tetapi bila kita tidak melihatnya, maka dia tetap melakukan yang kita larang.
  2. Alihkan perhatiannya pada hobi yang dia suka. Anak yang aktif cenderung memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Mereka cenderung memilki otak dan anggota tubuh yang terus berfungsi dan berjalan cepat. Maka ketika dia menyenangi sesuatu misalkan menyanyi, maka masukkan dia dengan les menyanyi. Atau menyukai sepak bola maka ikuti sekolah bola.
  3. Bila muslim, ajarkan anak mengaji dan dasar agama yang baik. Bila Beragama selain muslim. bisa mengikuti kegiatan keagamaan masing - masing. Sehingga anak mengalami pemahaman agama yang baik. Anak yang aktif cenderung melawan. Maka bila kita dasari dengan agama yang baik, ia takut akan Tuhan. Sehingga pemahaman selanjutnya akan lebih mudah.
  4. Pantau kegiatan anak tanpa melarang nya. Misal ketika dia ingin bermain bola tanpa kenal waktu. Maka kita cukup memberi saran  dengan alasan yang masuk akal. Tipe anak aktif justru memiliki rata - rata pendengaran yang cukup baik. Walau kadang mereka pura - pura tidak mendengarnya. Jangan bosan memberikan masukan positif di telinganya.
  5. Berikan perintah dengan mencontohkannya. Misalkan ketika kita memberikan perintah Solat, maka orangtuanya terlebih dahulu mencontohkannya.
  6. Rangkul dan pelukan hangat dari orangtua adalah obat terbaik ketika anak merasa sendiri. Anak yang aktif akan merasakan sedih bila orang lain melarang keaktifannya, maka di situlah pelukan hangat kita membuatnya merasa aman.
  7. Pilih sekolah yang memberikan lingkungan baik bagi anak kita berkembang, baik secara emosi dan aktivitas harian.
  8. Berikan tontonan acara TV yang baik. Anak yang aktif sangat sulit berdiam diri. Maka berikan acara tv yang cenderung mengarahkan pada hal positif. Jauhkan dari film - film kekerasan dan tidak mendidik.
  9. Selamat mencoba...

No comments:

Post a Comment

Astishop1481@gmail.com

Postingan Unggulan

Review 6 Drama Korea Terbaru tahun 2020

Annyeonghaseo... drakor mania . Penulis sudah lama ya tidak me review drama korea yang lagi hits. Nah, semoga ulasan penulis kali ini m...

Postingan populer