Sunday 28 June 2020

Pernafasan Perut bagi Penderita Anxiety Disorder


Anxiety Disorder atau gangguan kecemasan adalah penyakit psikologis akibat situasi tertentu. Perasaan cemas memiliki tahapan atau tingkatannya. Bila cemas tingkat rendah adalah cemas akan sesuatu yang hanya sementara terjadi. Misalkan cemas ketika berada di panggung, cemas ketika melamar kerja atau cemas ketika menunggu seseorang. Sedangkan gangguan kecemasan tingkat tinggi memiliki gejala secara tiba – tiba seperti panas dingin, badan lemas, jantung berdebar bahkan perasaan takut mati dengan waktu cukup sering dan lama. Biasanya gangguan kecemasan ini memerlukan penanganan lebih dengan berkonsultasi di dokter jiwa atau psikiater

Gangguan kecemasan memiliki ragam masalah. Diantaranya gangguan kecemasan umum, fobia (ketakutan terhadap benda atau sesuatu), gangguan kecemasan sosial, gangguan stress pasca trauma dan gangguan panik.

Gangguan kecemasan rata – rata memiliki gejala sesak nafas. Gejala sesak nafas terjadi di karenakan pasokan udara ke paru – paru berkurang. Oleh karena itu, akan kita bahas cara mudah mengurangi bahkan menyembuhkan gangguan kecemasan dengan berlatih nafas dengan perut.

Cara pernafasan perut sangat mudah. Karena dapat dilakukan di mana saja ketika serangan panik terjadi. Pertama, bila kita berbaring maka posisi badan terlentang rileks terlebih dahulu. Bila sedang dalam perjalanan, posisi bisa duduk dengan tegak dan rileks. Taruh satu tangan kita di atas dada, dan satu tangan di atas perut. Mulai dengan menarik nafas melalui hidung  sambil perut dikembangkan lalu tahan nafas. Setelah tahan nafas beberapa detik, hembuskan perlahan sambil mengempiskan perut.

Lakukan teknik pernafasan perut secara berulang. Pernafasan perut sangat baik bagi penderita gangguan kecemasan. Teknik ini mengeluarkan karbondioksida pada tubuh dan pertukaran oksigen secara penuh. Berbeda dengan pernafasan dada, oksigen yang di dapat tidak sebanyak dengan oksigen pernafasan perut.

Pernafasan perut banyak di gunakan untuk olahraga yoga. Manfaatnya detak jantung melambat, tekanan darah menurun sehingga tubuh kita rileks. Pernafasan perut juga membantu merilekskan organ dalam seperti usus dan lambung. Oleh karena itu selain emosi yang stabil, pernafasan perut berguna meningkatkan sistem pencernaan.

Oleh karena itu, tips tadi semoga dapat membantu masalah kecemasan ya. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment

Astishop1481@gmail.com

Postingan Unggulan

Review 6 Drama Korea Terbaru tahun 2020

Annyeonghaseo... drakor mania . Penulis sudah lama ya tidak me review drama korea yang lagi hits. Nah, semoga ulasan penulis kali ini m...

Postingan populer